Kacang yang Tidak Akan Pernah Lupa Kulitnya

Alhamdulillah blog kesayangan kita ini yang sudah listing 4 tahun dan cukup membantu para adik-adik calon pelaut kapal pesiar. Begitu juga dengan rekan-rekan pelaut kapal pesiar yang ingin cari referensi pindah agen kapal. Nanya temen, googling, buka blog sana-sini. Finally mereka merasa banyak terbantu info dari artikel yang saya tulis. Bagi saya, membantu orang adalah hal yang positif dan patut diusahakan. Dalam bidang dunia kapal pesiar dan perhotelan pada umumnya saya siap support. Jika kalian sukses berkarier di kapal pesiar, betapa bangga nya orang tua. Saya juga akan merasa puas, dengan artikel dan pengalaman yang saya share bisa bermanfaat bagi pembaca. Meski kita tidak kenal secara langsung namun bagi saya sudah truly satisfy mendapat kabar dari pembaca blog yang berhasil diterima agen kapal pesiar atau naik pangkat/ jabatan. Dari ribuan message yang saya terima bertahun-tahun ini ada pertanyaan yang sering banget ditanyakan para pembaga blog:

“mas _rizal dulu sekolah kapal pesiarnya dimana?”

Well, mari kita bahas sebentar. Saya bukanlah seorang hotelier sejati. Saat itu (2007) saya adalah seorang sarjana lulusan S1 ekonomi yang susah cari pekerjaan. Di satu sisi bahwa life must go on dan prinsip saya adalah harus menjadi pribadi yang sukses. Hingga suatu saat saya memutuskan untuk ingin menjadi pekerja kapal pesiar dan harus sekolah lagi (LPK) hanya untuk bisa bekerja di kapal pesiar. Some kinda Shortcut dude?!!! YES I said. Mungkin ini adalah satu-satunya jalan kesuksesan saya. Cukup berat di awal merasa kalau ijazah S1 Ekonomi saya mungkin tidak terpakai pada jenis pekerjaan ini, tapi ya nekat aja lah pikir saya daripada menganggur lama.

Banyak sekali sekolah kapal pesiar di Jogja yang  saat itu tahun 2007 saya kepoin hingga saya memutuskan untuk mendaftar sebuah LPK yang saat itu sudah 10 tahun berdiri. Pertimbangan saya simpel, jika LPK kapal pesiar lain berumur tak lebih dari 4 tahun dan terkadang malah sudah bangkrut karena minim peminat. Sebuah rasa kepenasaranan saya memutuskan untuk mengunjungi LPK ini dan ternyata memang sistem pengajaran mereka unik. Selain skill hotelier, juga dibekali pengalaman yang dishare para guru. Bagusnya lagi para alumni LPK WISATA BAHARI Jogja sudah ribuan dan tersebar di banyak perusahaan kapal pesiar seluruh Dunia dan solid saling menolong/mensupport juniornya adik kelas di Wisata Bahari jika ada kesulitan dalam pekerjaan. Hingga saya memutuskan untuk mendaftar LPK ini.

wisata bahari

Skip…Skip, dan saya pun menjadi siswa di LPK tersebut. studi 3 bulan dan menjalani training selama 6 bulan. Pimpinan LPK Wisata Bahari Bapak Durnadi Lasitha  (Pak Dur) selalu memberikan banyak wejangan (saran) kepada siswa bahwa hanya siswa Wisata Bahari yang serius akan berhasil. Mengikuti jejak kesuksesan alumni Wisata Bahari di kapal pesiar adalah sebuah cita-cita saya untuk bisa membuktikan kepada orang tua bahwa saya bisa sukses meski mungkin tidak sesuai jalur edukasi saya.

20 Maret 2008 adalah hari yang sangat spesial bagi saya dimana hari itu merupakan hari pertama saya bekerja di perusahaan kapal pesiar dari italia yang bernama MSC.  Bener juga kata Pak Dur, hanya siswa Wisata Bahari yang serius yang akan berhasil. And finally I did it. Di kapal MSC dan di berbagai pelabuhan kapal pesiar negara tujuan sering bertemu dengan sesama kru orang Indonesia dan beberapa diantara mereka ternyata lulusan Wisata Bahari. Saya juga pernah bejo bisa naik pangkat di kapal pesiar disupport senior alumni Wisata Bahari yang kebetulan satu kapal dengan saya.

Kepulangan kontrak kapal pesiar saya yang pertama di tahun 2009 , berganti perusahaan kapal pesiar ke PRINCESS dan seterusnya selalu saya sempatkan untuk mengunjungi LPK tercinta yang bisa membawa saya menuju karier dan kesuksesan. Jika ditanya 4 komponen kesuksesan hidup saya adalah berkat Allah S.W.T, kedua orang tua saya, Istri saya Gina Gianti, dan tentu saja LPK Wisata Bahari ini. Hingga sampai tahun 2017 saya memutuskan berhenti bekerja kapal pesiar dan sekarang punya beberapa bisnis yang running well juga berkat modal hasil gaji kapal pesiar. Nowadays  2019 which means udah sejak 22 tahun lalu berdiri LPK Wisata Bahari kebanggaan saya masih kokoh berdiri mendidik siswa-siswa calon pelaut kapal pesiar dan senantiasa mengayomi/menjembatani antar alumni yang ingin berbagi/mencari informasi tentang kapal pesiar.

kacang-kulit

finally revealed yaa gaess, kalau masih ada yang nanya pertanyaan di awal paragraf sudah terjawab disini. Ohh, iya.. kalau adik-adik pembaca ingin nanya informasi tentang LPK WISATA BAHARI Jogja silahkan langsung ke bagian informasi dan pendaftaran di W.A : 082 320 111 168. 

………Sehat selalu nggih Pak Dur………..

DISCLAIMER: Artikel ini mungkin bermuatan iklan, namun bagi saya, nge share awal keberhasilan saya dalam studi/ karier kapal pesiar  akan sangat berguna bagi para pembaca blog yang sedang mencari sekolah mana yang di pilih ditengah banyaknya LPK kapal pesiar yang berkedok janji-janji palsu namun hanya mencari siswa sebanyak mungkin tanpa memikirkan outcome di masa depan. 

Bagi kalian yang ingin mengecek kredibilitas sebuah LPK kapal pesiar tolong diperhatikan:

  1. Ijin LPK tersebut di dinas Pendidikan .
  2. Telah berapa tahun berdiri.
  3. Jumlah lulusan yang sukses berkarier di kapal pesiar.
  4. Jaringan Alumni
  5. cari contoh/ role model lulusan LPK tersebut untuk dijadikan panutan.

“JAYALAH SELALU PELAUT KAPAL PESIAR INDONESIA”

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s